Pulsa GweOne

Beli pulsa, Bayar PPOB, Tiket Pesawat dan Kereta Api bisa online! kapan dan dimana saja

4.01.2015

Cara mengenali SMS Penipuan

Hey Gwener's, What's Up!
Hari ini banyak sekali jenis penipuan yang menggunakan layanan operator seluler terutama melalui media SMS ini. Mulai penipuan kecil-kecilan bahkan hingga dapat merogok kocek hingga ratusan juga. Nah, bagi pengguna layanan operator seluler perlu berhati-hati terhadap SMS yang diperoleh. Apalagi jika meminta untuk mentransfer sejumlah uang kepada pengirim SMS tersebut. Oleh karena itu kita sebagai pengguna layanan seluler perlu berhati-hati terhadap tindakan yang tergolong cyber crims ini.
Beberapa contoh SMS Penipuan bisa sobat perhatikan seperti gambar dibawah ini. Memang simple namun ternyata bisa menipu banyak masyaratkat terutama orang yang masih awam dengan teknologi sehingga mudah percaya begitu saja. Inilah yang sebenarnya menjadi target utama bagi pelaku agar bisa mengelabuhi orang dengan mudah. Oleh karena itu, sebagai pengguna teknologi perlu memahami betul kondisi-kondisi seperti ini
SMS Penipuan

SMS Penipuan menggunakan Domain Situs Gratisan

Hal utama yang perlu diperhatikan jika menerima SMS yang mengatasnamakan perusahaan atau organinasi tertentu biasanya akan menggunakan domain situs oficial yang digunakan untuk berkomuninakasi dengan pelanggannya. Jika SMS tersebut menggunakan Domain gratis seperti *.blogspot.com, dll lainnya sudah bisa dipastikan bahwa SMS tersebut terindikasi melakukan penipuan.
Website resmi yang ada di indonesia bisanya menggunakan domain *.com atau *.co.id tergantung dari perusahaan yang dimilikinya. Jadi kita perlu jeli memperhatikan hal seperti ini terlebih dahulu. Selain itu juga bisa memperhatikan nomor call center yang digunakan. Jika nomornya tidak terlalu familiar atau menggunakan nomor telpon seluler sebaiknya jangan ditindak lanjuti lagi.

Jangan percaya pada undian dari SMS

Jika sampai hari ini anda masih percaya ada SMS yang akan memberikan undian kepada anda, itu semua bohong. Setiap program undian selalu melalui prosedur, dari tahap awal dan hingga akhir. Jika perusahaan besar maka akan terlihat pada media televisi maupun media cetak. Jadi tidak mungkin melalui SMS Saja.
Yang paling penting kita perlu sadari adalah, jangan pernah untuk menyetujui permintaan untuk memberikan sejumlah uang kepada siapa pun yang mengatasnamakan undian dan lainnya. Hal semacam ini hanya bersifat gertakan jadi sobat perlu jeli terhadap orang yang dikenal ataupun orang yang baru sobat kenal sekali pun.

Anda punya 2 Pilihan

Ya, ketika menerima SMS yang mencurigakan anda hanya memiliki 2 pilihan, pertama hiraukan hal tersebut atau laporkan kepada pihak yang berwenang. Jangan mudah percaya terhadap hadiah/undian yang datang dari SMS tersebut. Semoga kita lebih berhati-hati dan tidak tertipu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

No comments :

Post a Comment