Pulsa GweOne

Beli pulsa, Bayar PPOB, Tiket Pesawat dan Kereta Api bisa online! kapan dan dimana saja

5.24.2017

Fuchsia OS Generasi Baru Android dan Chrome OS

Hey Gwener's, What's Up!
Bukan rahasia lagi bahwa Google sedang menggodok sistem operasi untuk ponsel terbaru yang dinamai Fuchsia OS. Sejak kemunculannya di situs github.com, banyak orang berpendapat bahwa OS baru ini disiapkan untuk menggantikan Android.
Meskipun rincian mengenai Fuchsia kurang, informasi yang didapat bahwa OS ini tidak didasarkan pada kernel Linux dan harus mempertahankan beberapa fitur visual dari platform Android.
Tips menjaga kualitas baterai

Konsep

Fuchsia menggunakan kernel bernama Magenta yang didesain mampu berjalan di semua device, mulai dari iOT, embedded device, smartphone, tablet, hingga desktop dan laptop.
Konsep ini mirip seperti arah pengembangan Windows 10 saat ini, dimana Microsoft menjadikan Windows 10 bisa berjalan di semua jenis device dengan berbagai macam ukuran layar.
Jadi jika pengembangan Fuchsia OS ini memang project serius dari Google (bukan hanya sekedar side project), maka bukan tidak mungkin kedepannya bakal dijadikan sebagai OS kompetitor untuk Windows 10.

Design UI

Jika Windows 10 menggunakan Modern UI, Fuchsia dipastikan akan menggunakan Material Design khas Android yang berbasiskan Flatter. Bahasa pemrograman utama yang digunakan di Fuchsia OS adalah Dart. Fuchsia OS mendukung processor ARM 32-bit / 64-bit maupun 64-bit non-ARM, membuatnya bisa berjalan di hampir semua jenis device mulai dari smartphone, PC, hingga IoT.

Sebagai penyegar ingatan, Fuchsia OS merupakan sistem operasi yang sama sekali baru, bahkan pengembangannya tidak menggunakan kernel Linux seperti halnya Android dan Chrome OS. Melainkan menggunakan microkernel ciptaan Google sendiri yang disebut dengan Magenta.
Tampilannya sendiri berupa kartu-kartu yang bisa digulir secara vertikal. Namun secara keseluruhan ada kemiripan antara Android dan Fuchsia OS. Tetapi apakah Google benar-benar akan menggantikan Android dengannya? Kita sama-sama nantikan kelanjutannya.

No comments :

Post a Comment