Pulsa GweOne

Beli pulsa, Bayar PPOB, Tiket Pesawat dan Kereta Api bisa online! kapan dan dimana saja

6.08.2017

Google Atasi Rating dan Review Palsu di Google Play

Hey Gwener's, What's Up!
Tak dapat dipungkiri, semakin banyak aplikasi android yang telah tersedia di google play Store, Hal ini pun membuat para pengembang bekerja keras agar aplikasi mereka dapat berada di jajaran teratas aplikasi terpopuler, salah satu penilaiannya berdasarkan hasil rating dan review dari pengguna yang telah mendownload aplikasi tersebut.
Ternyata ini menjadi celah bagi sebagian pengembang untuk bermain curang, dengan memberikan rating dan review palsu. Meski menggunakan bot dilarang tetap saja Pengembang dapat menggunakan cara terang-terangan seperti membanyar orang untuk melakukan review terhadap aplikasi
Rating dan Review Apps Google Play

Manipulasi Rating dan Review Apps

Google memperketat kebijakan untuk memastikan rating dan review aplikasi di Play Store benar-benar kredibel, tanpa bias dan kecurangan. Sebelumnya, Google telah merilis kebijakan untuk memberantas spam dan penginstalan oleh bot. Namun ternyata developer aplikasi punya taktik yang lebih cerdas untuk berbuat curang, yakni dengan “menyuap” netizen.

Tindak Lanjut

Google menyadari gelagat ini, kemudian mengeluarkan kebijakan baru berupa hukuman bagi para developer yang menggunakan rating dan review berbayar. Jika ketahuan menggunakan rating dan review berbayar, aplikasi populer bakal dicoret dari jejeran “top list”. Bahkan, risiko terbesarnya adalah penghapusan aplikasi sama sekali dari Google Play Store.

Kesimpulan

Google belum menjabarkan secara rinci bagaimana mekanismenya mengidentifikasi rating dan review berbayar. Namun, agaknya Google bisa mempelajari pola tertentu.
Ada banyak kejadian “false review” di Google Play Store. Misalnya saja suatu aplikasi dibanjiri komentar positif dan diberi rating tinggi, tapi ketika dijajal sangat mengecewakan.

No comments :

Post a Comment