Pulsa GweOne

Beli pulsa, Bayar PPOB, Tiket Pesawat dan Kereta Api bisa online! kapan dan dimana saja

6.07.2017

Ini Cara Google Mempercepat Proses Update OS Android

Hey Gwener's, What's Up!
Seperti dilansir di banyak media, Kelemahana android saat ini adalah ketika ada update OS terbaru tidak langsung bisa digunakan oleh semua ponsel android yang berada dipasaran.
Vendor Perangkat android perlu mengupdate software mereka agar bisa menyesuaikan dengan OS terbaru dari Android tersebut, sehingga akan membutuhkan waktu juga untuk menyalurkan OS Terbaru di semua perangkat android, Bahkan ada juga nanti perangkat yang tidak disupport lagi untuk OS Terbaru android tersebut seperti Android 7.0 Nougat di Release, Namun Tidak untuk Semua Ponsel Android
Project Treble

Project Treble untuk Update OS Android

Google punya teknologi anyar yang akan membuat pembaruan sistem operasi Android bisa tersedia lebih cepat. Teknologi tersebut bernama Project Treble. Treble akan tersedia pada Android O (seri terbaru dari OS Android yang akan direlease nanti).

Cara Kerja Treble

Pada dasarnya, Google memisahkan software mereka dengan bagian software yang dikerjakan oleh partner pembuat hardware. Bagian yang dikerjakan oleh mitranya itu misalnya adalah software yang membuat Android bisa bekerja dengan chipset terbaru. Jika nantinya Project Treble sudah berfungsi seperti yang dikatakan Google, pabrikan seperti Samsung dan Motorola bisa mulai menggarap pembaruan software tanpa perlu menunggu software dari partner pembuat chip seperti Qualcomm.

Kekurangan Treble

Memang Treble seperti gambar diatas menyediakan sebuah interface sehingga vendor hanya perlu mengimplementasi tanpa melakukan perubahan besar jika google mengupdate OS Android tersebut. Namun tetap saja ketika ada Update Software mereka tetap harus memperbarui kode-kode Android itu agar bisa berfungsi dengan fitur-fitur spesifik yang ada di ponsel buatannya.

Dampak Keterlambatapan Update OS Android

Sempat menjadi ejekan pada Pekan WWDC oleh Apple, dimana Perbandingan iOS 10 dan Android 7.0 versi WWDC 2017 Apple menunjukkan hanya 7% perangkat android yang dapat menikmati Update Android 7 Nougat terbaru tersebut.

No comments :

Post a Comment