Pulsa GweOne

Beli pulsa, Bayar PPOB, Tiket Pesawat dan Kereta Api bisa online! kapan dan dimana saja

6.08.2017

Malware juga ada di PlayStore

Hey Gwener's, What's Up!
Serangan Cyber belakangan ini ternyata semakin marak dilakukan oleh para hacker. Seperti Penyebaran Ransomware WannaCry yang menyerang perangkat Komputer yang berjalan di atas OS Windows. Hal ini pun tak menyulutkan para hacker untuk terus berinovasi melakukan cyber crime.
Belakangan ternyata juga diketahui sebuah malware yang telah "Nangkring" di Google Play Store, Bahkan Malware ini sudah berada bertahun-tahun dan menjangkit pengguna smartphone android.
Malware Android

Ditemukan Android Malware

Peneliti keamanan digital Check Point menemukan malware bernama "Judy" yang bisa menginfeksi hingga 36,5 juta perangkat Android.
Malware tersebut ditemukan pada 41 aplikasi Android yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan Korea. Penyebaran malware sangat cepat, data terakhir menunjukkan telah diunduh antara 4,5 juta hingga 18,5 juta kali.

Tugas Malware "Judy"

Malware Judy bekerja secara otomatis tanpa perlu bantuan pengguna. Malware tersebut meraup untung dari klik palsu pada iklan online dalam jumlah besar, yang dibayarkan ke peretas di belakang operasi tersebut.

Tindak Lanjut

Google telah menghapus aplikasi jahat tersebut dari PlayStore. Aplikasi yang didaftarkan oleh Kiniwini semuanya bernama Judy dalam judulnya, yang menjelaskan bagaimana malware tersebut mendapatkan namanya.

Antisipasi

Perlu diketahui bahwa Pengembang Malware ini juga mengembangkan aplikasi untuk Apple App Store. Jika Anda memiliki aplikasi tersebut di telepon atau tablet Anda, pastikan Anda segera menghapusnya.

No comments :

Post a Comment