Pulsa GweOne

Beli pulsa, Bayar PPOB, Tiket Pesawat dan Kereta Api bisa online! kapan dan dimana saja

6.07.2017

Printer Juga bisa Jadi Incaran Para Hacker

Hey Gwener's, What's Up!
Kemajuan teknologi saat ini, menghadirkan banyak sekali jenis printer. Bahkan printer sudah bisa terhubungan dengan jaringan yang dikenal dengan istilah Internet of Things (IoT). Hal ini membuat sebuah perangkat printer bisa diakses dari mana saja.
Ternyata hal tersebut menjadi incaran bagi para hacker. Selama ini melihat printer hanya perangkat biasa, ternyata memberikan celah bagi para hacker untuk masuk kejaraingan melalui kelamahan keamanan printer itu sendiri.
Keamanan Printer

Teknolog Printer Internet of Things

Dalam beberapa tahun, teknologi dalam printer mengalami evolusi yang makin canggih. Beberapa produsen bahkan telah membekalinya dengan kemampuan untuk terhubung dengan jaringan atau dikenal dengan istilah Internet of Things (IoT).
Teknologi tersebut memang tidak dipungkiri membuat kinerja dan produktitas manusia semakin terbantu. Namun, ada sisi negatif di mana hal ini membuka celah untuk para hacker menyusup.

Kelemahan Keamanan Printer

Di tahun 2016 kemarin banyak terjadi kasus peretasan dengan jumlah lebih dari 40% kebobolan data. Serangan terhadap printer menjadi senjata baru bagi hacker dan ini adalah sesuatu yang tidak terpikirkan sama sekali dan dianggap remeh. Dari beberapa kasus yang terjadi, Wagle menyorot apabila sebanyak 64% printer terinfeksi malware dan 60% data telah kebobolan di tahun 2016 lalu.
Faktanya Dari ratusan juta printer yang tersebut di dunia, kurang dari 2%-nya dibekali dengan fitur keamanan. Dan hal ini menimbulkan keuntungan bagi hacker.

Tanggung Jawab Produsen

Mengetahui dampak kelemahan keamanan printer seharusnya produsen printer merasa ikut bertanggung jawab terhadap serangan yang menyasar printer. Solusinya adalah dengan menawarkan perangkat printer yang dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat tinggi.

No comments :

Post a Comment