Pulsa GweOne

Beli pulsa, Bayar PPOB, Tiket Pesawat dan Kereta Api bisa online! kapan dan dimana saja

6.12.2017

Qualcomm mulai saingi Intel dengan merambah Desktop

Hey Gwener's, What's Up!
Keberhasilan Qualcomm di jajaran smartphone membuat namanya semakin melangit. Seri Qualcomm Snapdragon memang banyak digunakan pada smartphone serti terbaru saat ini. Hal ini pun tak lantas membuat mereka merasa puas. Kini Qulcomm mulai merambah desktop.
Hal ini pun menjadi saingan bagi intel yang telah merajai dunia prosesor apalagi di bidang desktop. Pasalnya kini Qualcomm membuat chip buatannya kompatibel dengan Windows 10. Ini merupakan tindak lanjut langkah Microsoft dan Qualcomm yang memang ingin membuat Windows 10 versi ARM.
Qualcomm vs Intel

Masalah Hak Paten Intel X86

Langkah Qualcomm untuk membuat chip buatannya kompatibel dengan Windows 10 mendapat ganjalan dari Intel. Mereka merasa kalau paten miliknya dilanggar oleh Qualcomm.
Paten yang dimaksud adalah software untuk mengemulasi arsitektur x86 agar bisa berjalan menggunakan chip ARM. Hal ini diperlukan agar chip buatan Qualcomm seperti Snapdragon 835 bisa menjalankan Windows 10.

Beberapa Temuan Pelanggaran

Ada sejumlah laporan yang menyebutkan sejumlah perusahaan sepertinya tengah mencoba mengemulasi X86 ISA milik Intel tanpa seizin Intel. Hal ini tentu tidak mereka suka dengan pelanggaran hak cipta dari paten tersebut seharusnya perusahaan lain menghargai hak properti intelektual Intel. perusahaan terakhir yang disebut dalam daftar tersebut -- Transmeta -- disebut sebagai percobaan terakhir pembuatan prosesor yang kompatibel dengan x86 menggunakan emulasi. Kegagalan itu membuat perusahaan tersebut akhirnya meninggalkan bisnis mikroprosesor.

Teknologi Emulasi

Emulasi bukan teknologi baru, dan Transmeta tercatat sebagai perusahaan terakhir yang mengklaim bisa memproduksi prosesor yang kompatibel dengan x86 menggunakan teknik emulasi.

No comments :

Post a Comment